Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Patut Diterapkan

0
284

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Patut Diterapkan

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar tentu dambaan bagi setiap orang. Ukuran sehat ini berarti tubuh terhindar dari segala macam penyakit dan terpenuhi segala kebutuhan nutrisi tubuh. Apabila tubuh sehat, tentu segala aktivitas akan dapat dilakukan dengan baik dan benar. Memang, ada banyak orang yang menyepelekan nikmat sehat ketika tubuh dalam keadaan yanng baik. Namun, hal sebaliknya terjadi ketika sedang diberi sakit. Maka, tubuh akan terasa lemas, lesu, lunglai, kepala terasa pusing, dan nafsu makan berkurang.

Salah satu faktor penentu kesehatan tubuh seseorang diukur dari seberapa kuat kekebalan tubuhnya melawan penyakit dan bakteri yang hendak menyerang tubuh. Semakin kuat kekebalan tubuhnya maka tubuh akan tetap sehat dan kuat.  Masalahnya, tidak setiap orang memiliki sistem imun yang stabil. Meski demikian, Anda tetap dapat menjaga kesehatan dengan menerapkan cara meningkatkan daya tahan tubuh berikut ini.

Tidur yang Cukup

Apakah Anda merasa tubuh lemas dan kurang bergairah? Jika iya, maka dapat dipastikan tubuh Anda kekurangan waktu tidur. Ketahuilah, tidur merupakan salah satu aktivitas yang membantu tubuh memperbaiki sel rusak serta mencegah patogen masuk. Aktivitas tersebut dilakukan oleh sel T. Sel T dapat bekerja optimal apabila tidur Anda cukup, paling tidak 8 jam per hari. Apabila tidur Anda cukup, maka sistem imun akan dapat bekerja dengan optimal kembali. Jadi, pastikan jangan terlalu sering begadang ya!

Mendapat Sinar Matahari yang Cukup

Kebanyakan anak muda jaman sekarang merasa takut terkena sinar matahari karena dapat menghitamkan kulit. Padahal, mendapatkan sinar matahari yang cukup merupakan salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang efektif dan mudah dilakukan. Kandungan vitamin D dalam matahari pada jam-jam tertentu dapat diterima oleh kulit untuk mencegah penyakit autoimun juga kanker.

Sinar matahari juga mampu memaksimalkan sel T bekerja dengan baik. Menurut hasil penelitian, butuh waktu sekitar 5 menit supaya sinar tersebut mampu meningkatkan kinerja sel T atau sistem imun. Jadi, tak ada salahnya meluangkan waktu sebentar untuk berjemur di pagi hari bukan?

Konsumsi Yoghurt Secara Rutin

Yoghurt merupakan salah satu produk fermentasi susu yang mengandung bakteri baik. Bakteri tersebut mampu meningkatkan kinerja sistem.pencermaan terutama usus dan sel natural killer. Sel natural killer adalah sel terkuat dalam sistem imun tubuh. Jadi, siapapun baik anak-anak sampai dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi yoghurt untuk kesehatan tubuh. Yoghurt juga berfungsi meminimalisir munculnya penyakit ginjal lho!

Mengendalikan Pikiran dan Stress

Stress adalah hal yang biasa terjadi dan dipicu oleh berbagai faktor. Tiap orang memiliki level stress tersendiri. Meskipun stress merupakan gal yang wajar terjadi, namun sebaiknya hindari stress dalam waktu yang lama. Ketahuilah, saat pikiran Anda stress, maka tubuh akan secara otomatis mengeluarkan hormon glukokortikoid.

Hormon inilah yang apabila diproduksi dalam waktu lama akan mempengaruhi kinerja timus. Timus adalah  organ yang mengatur sistem imun. Tak hanya organ timus, hormon stress juga mengakibatkan produksi set T menurun, sehingga sistem imun tubuh juga menurun. Maka dari itu, jagalah pikiran Anda supaya tidak stress supaya siatem kekebalan tubuh tetap stabil.

Nah, itulah beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh supaya tetap terjaga. Apabila kesehatan tubuh terjaga, maka penyakit yang menyerang pun akan mudah diatasi. Mulailah dari cara yang paling mudah dulu! Selamat mencoba!