Tips Jitu Mencegah Alergi pada Anak

0
230

Tips Jitu Mencegah Alergi pada Anak

Alergi merupakan reaksi hipersensitivitas sistem kekebalan tubuh terhadap zat atau makanan yang masuk ke dalam tubuh. Saat ini, alergi menjadi masalah kesehatan yang dialami oleh 30 sampai 40 persen masyarakat dunia. Kebanyakan penderita alergi adalah anak-anak.

Penyebab alergi hingga saat ini belum diketahui dengan pasti. Namun, berdasarkan penjelasan dari CekAlergi.com, riwayat alergi pada orang tua dapat menyebabkan munculnya alergi pada anak. Meskipun penyebab alergi belum dapat diketahui secara pasti, tetapi Anda tetap dapat mencegah munculnya alergi pada anak. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah munculnya alergi pada anak.

1. Memberikan asi eksklusif

Asi mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh bayi. Asi mengandung sIgA (Secretory Immunoglobulin A) dan laktoferin yang berperan penting untuk menjaga bakteri baik dalam usus. Kandungan inilah yang berperan penting dalam mencegah munculnya alergi pada anak. Selain itu, Asi juga mengandung berbagai nutrisi yang berperan penting dalam menjaga sistem imunitas pada anak. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan Asi secara eksklusif minimal 6 bulan.

2. Memberikan makanan padat saat usia bayi 6 bulan

Makanan padat dapat dikenalkan pada bayi usia 4 sampai 6 bulan. Pengenalan makanan padat sejak dini ternyata dapat mencegah risiko munculnya alergi pada anak. Anda tidak perlu melakukan pembatasan makanan saat mengenalkan makanan padat pada bayi.

3. Menghindari asap rokok

Sering terpapar asap rokok juga dapat menyebabkan risiko munculnya alergi, terutama alergi makanan. Sebaiknya biasakan anak untuk menghindari asap rokok sejak dini. Sebagai orang tua, tentunya harus menghindari merokok di depan anak. Buatlah lingkungan rumah yang bersih dan bebas dari asap rokok.

4. Mengkonsumsi obat alergi alami

Untuk meredakan gejala alergi, Anda dapat mencoba mengonsumsi berbagai obat alami. Selain dapat mengobati alergi, obat alami juga aman bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa obat alergi alami yang dapat dikonsumsi.

  • Yogurt

Yogurt mengandung prebiotik yang tinggi, sehingga dapat dijadikan sebagai antihistamin yang aman untuk menyembuhkan alergi. Antihistamin berfungsi untuk menghentikan reaksi sistem imunitas yang berlebihan terhadap alergen. Selain itu, yogurt juga mengandung probiotik lactobasillus casei yang aman dikonsumsi ibu hamil dan menyusui untuk mencegah alergi.

  • Kuaci

Kuaci mengandung vitamin E dengan kadar tinggi, sehingga mampu meredakan peradangan yang disebabkan oleh alergen. Selain itu, kuaci juga kaya akan antioksidan, sehingga dapat mencegah kerusakan sel karena produksi histamin yang berlebihan.

  • Nanas

Jika Anda mengalami alergi yang menyebabkan gangguan pernapasan, seperti pilek, sulit bernapas, hingga hidung tersumbat, mengonsumsi nanas merupakan pilihan tepat. Nanas mengandung senyawa bromelain alami yang dapat meringankan gangguan pernapasan akibat alergi. Selain itu, nanas juga efektif mengobati peradangan akibat alergi.

  • Jambu biji

Jambu biji kaya akan vitamin C yang mampu mencegah terjadinya alergi. Hal ini karena vitamin C dapat mencegah sel-sel tubuh memproduksi histamin secara berlebihan. Jika tubuh memproduksi histamin berlebihan, maka akan muncul gejala alergi seperti gatal, biduran, dan ruam.

Setiap orang tua akan merasa khawatir jika anaknya mengalami alergi. Jenis alergi yang sering dialami oleh anak adalah alergi susu sapi. Padahal susu formula sangat penting diberikan kepada anak untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan.

Saat ini Morinaga telah memproduksi susu Morinaga Soya yang cocok untuk anak alergi susu sapi. Morinaga Soya juga telah memiliki nutrisi lengkap yang mendukung perkembangan dan kecerdasan multitalenta pada anak. Selain itu, Morinaga Soya juga dilengkapi nutrisi yang meningkatkan sistem imunitas anak.