Segudang Tips Traveling yang Aman Untuk Ibu Hamil

Segudang Tips Traveling yang Aman Untuk Ibu Hamil

Traveling terbukti bisa menyegarkan pikiran dan merilekskan tubuh. Tak heran jika traveling banyak digemari, tak terkecuali ibu hamil sekalipun. Masa kehamilan bukan menjadi kendala untuk menyalurkan hobi traveling yang selama ini rutin dilakukan. Jika anda juga hobi traveling dan tengah mengandung, pastikan anda ketahui tips traveling yang aman untuk ibu hamil agar calon bayi dan diri anda tetap terjaga secara baik.

Tips Traveling yang Aman Untuk Ibu Hamil

Di bawah ini kami bagikan beberapa tips untuk ibu hamil agar traveling berjalan nyaman, aman dan menyenangkan. Pastikan anda menyimaknya sampai selesai dan tak ada yang terlewat.

Konsultasi ke Dokter

Salah satu tips traveling yang aman untuk ibu hamil ialah konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Nantinya dokter akan merekomendasikan atau memberi anjuran agar tidak menyulitkan anda selama traveling. Mulai dari pemilihan transportasi, pakaian, makanan, dan lain sebagainya. Apabila anda peduli dengan kesehatan janin dan diri anda, pastikan mengikuti tips ini.

Persiapan Barang Bawaan

Dikarenakan tengah hamil, tentu ada beberapa barang tambahan yang wajib dibawa. Sebut saja camilan sehat, air putih, tisu basah, hand sanitizer, surat dokter, vitamin, hingga obat-obatan resep dokter. Dengan begitu, anda tetap bisa menjaga kesehatan anda dan janin selama traveling. Selain itu, bawa juga outfit yang tepat. Saat traveling dengan kondisi tengah hamil, anda bisa kenakan pakaian yang nyaman dan longgar. Pilih juga sepatu yang simple dan nyaman agar tetap aman dipakai apabila anda berjalan kaki.

Mengetahui Batasan Diri

Agar traveling berjalan lancar di saat hamil, pastikan anda mengetahui batasan diri. Seperti yang diketahui, selama kehamilan, tubuh akan menjadi mudah lelah. Untuk itu, saat anda merasa lelah, anda tak perlu ragu untuk beristirahat sejenak. Jangan memaksakan diri untuk langsung melanjutkan traveling karena akan sangat membahayakan anda dan calon bayi. Traveling dibawa santai saja.

Pilih Aktivitas yang Sesuai

Berbeda dengan sebelum hamil yang bisa melakukan kegiatan apa saja, selama hamil anda harus lebih selektif dalam memilih aktivitas ketika traveling. Hindari kegiatan yang terlalu berbahaya, seperti scuba diving, naik kuda, windsurfing, ski air, dan lain sebagainya. Alangkah baiknya jika anda memilih kegiatan yang aman dan terkesan santai untuk ibu hamil, misalnya saja jalan-jalan maupun duduk sembari menikmati keindahan alam sekitar.

Kualitas Tidur yang Cukup

Selama traveling saat tengah hamil, pastikan anda mendapatkan tidur yang berkualitas dan cukup. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan tidur yang berkualitas dan cukup ialah tidur 8 jam setiap harinya. Jangan membiasakan diri untuk begadang sampai larut malam. Dengan menjaga pola tidur secara cukup, maka anda bisa menjaga stamina tubuh secara baik. Anda pun akan senantiasa bersemangat sepanjang hari tentunya.

Mencicipi Kuliner Baru

Tips traveling yang aman untuk ibu hamil lainnya ialah menikmati kuliner yang baru. Tak bisa dipungkiri bahwa menikmati makanan baru bisa menambah mood ibu hamil. Seperti yang diketahui, mood ibu hamil seringkali berubah-ubah. Hanya saja, pastikan anda tetap selektif dan mengetahui batasan makanan yang diperbolehkan maupun dilarang untuk ibu hamil. Adapun makanan yang diperbolehkan sudah pasti mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh janin yang anda kandung. Dengan begitu, mencicipi kuliner baru tak hanya bisa mengembalikan mood saja, akan tetapi juga menjaga kesehatan sang buah hati. Maka dari itu, tak ada salahnya anda mencicipi makanan baru selama traveling.

Posted in: Wisata

Leave a Comment