Mendengarkan Musik Saat Berolahraga Banyak Manfaatnya

Mendengarkan Musik Saat Berolahraga Banyak Manfaatnya

Mendengarkan musik di kevin roy music saat berolahraga disinyalir mampu meningkatkan semangat dan membuat pikiran menjadi lebih positif. Selain itu, musik juga akan membuat kamu lebih fokus saat berolahraga, sehingga olahraga yang kamu lakukan jadi lebih maksimal. Namun, mendengarkan musik saat berolahraga tidak boleh dilakukan sembarangan.

Studi yang dipublikasikan di International Journal of Psychophysiology meneliti para peserta yang mengklaim bahwa hanya dengan mendengarkan musik selama 11 menit membuat seakan rutinitas olahraga mereka selesai dalam 60 detik dan tak merasa kelelahan. Tak hanya itu, rutinitas mereka tidak lagi terasa monoton dan lebih mudah bergerak saat dilatari oleh musik.

Studi yang dipublikasikan di International Journal of Psychophysiology meneliti para peserta yang mengklaim bahwa hanya dengan mendengarkan musik selama 11 menit membuat seakan rutinitas olahraga mereka selesai dalam 60 detik dan tak merasa kelelahan. Tak hanya itu, rutinitas mereka tidak lagi terasa monoton dan lebih mudah bergerak saat dilatari oleh musik.

Salah satunya dipaparkan oleh Annissa, seorang mahasiswi di salah satu universitas swasta di Jakarta. Ia menyebut dengan mendengarkan musik ketika sedang jogging pagi membuatnya lebih menikmati dan tidak terpaku dengan waktu.

“Kalau dengerin musik jadi lebih enjoy aja, sama nggak kepikiran waktu gitu. Sok asik aja lari sambil nyanyi-nyanyi eh tahu-tahu udah jam segini,” katanya saat diwawancarai detikHealth, Rabu (12/9/2018).

Bergerak Lebih Banyak
Setiap kali mendengarkan musik, pasti ada perasaan ingin berdansa. Betul tidak? Hal ini juga terjadi lho ketika berolahraga. Musik akan merangsang otak untuk melakukan gerakan ketika irama berputar, sehingga aktivitas yang melelahkan terasa menyenangkan.

Mengurangi kelelahan
Karena badan rileks, olahraga berat terasa ringan. Musik membuat Anda lupa kalau sedang berolahraga sehingga perasaan jadi lebih enjoy. Tak hanya itu saja, musik juga membuat waktu terasa singkat, meskipun Anda sudah treadmill hingga 3 jam.

Hindari Mendengarkan Musik Terlalu Lama

Meski dalam volume pelan, mendengarkan musik saat olahraga terlalu lama menggunakan earphone juga membahayakan kesehatan indera pendengaran kamu, lho. Memang, dampak ini tidak akan langsung terasa setelah kamu melepas earphone. Biasanya, menurunnya kemampuan telinga akan mulai terasa memasuki akhir usia 20-an. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu tidak mendengarkan musik terlalu lama dengan menggunakan media earphone.

Hindari Menyetel Musik dengan Volume yang Terlalu Kencang

Boleh-boleh saja kamu mendengarkan musik saat berolahraga, karena manfaat musik saat olahraga memberikan banyak dampak positif untuk kamu. Namun, kamu juga perlu ingat untuk tidak menyetel atau mendengarkan musik dengan volume yang terlalu kencang. Mengapa demikian?

Ketika berolahraga, kamu pasti akan memasang earphone atau headset agar hanya kamu yang bisa mendengarkan musik yang sedang diputar. Volume yang terlalu tinggi akan meningkatkan risiko kerusakan gendang telinga pada indera pendengaran, terlebih dengan penggunaan earphone yang membuat musik seakan berkumpul pada satu bagian. Selain itu, volume berlebihan juga akan membuat kamu jadi kurang peka pada keadaan di sekitar.

beberapa studi menemukan bahwa mendengarkan musik saat berjalan meningkatkan energi dan kadar kegembiraan dan fokus mental. Faktanya, bahkan mendengarkan siaran radio saja bisa meningkatkan level performa, walau tak sebaik mendengarkan musik.

Bagi kebanyakan millenial, sepertinya kini olahraga tak afdol tanpa terlihat adanya earphone bertengger di telinga. Mendengarkan musik sambil berolahraga dilakukan karena bermacam-macam alasan.

Musik memang menjadi salah satu obat yang cukup efektif dalam mengurangi stres dan membuat suasana hati menjadi lebih baik. Berbagai macam nada saling mengisi menjadi sebuah lagu dapat menstimulasi otak untuk menjadi lebih rileks. Inilah mengapa berbagai aktivitas terasa lebih menyenangkan ketika dilakukan sembari mendengarkan musik, seperti belajar, bekerja, menunggu, hingga berolahraga.

Posted in: Lifestyle

Leave a Comment