Fungsi Oli Gardan Motor Matic dan Waktu Ideal Menggantinya

Fungsi Oli Gardan Motor Matic dan Waktu Ideal Menggantinya

Motor matic termasuk salah satu tipe sepeda motor yang banyak diminati karena mudah dijalankan. Supaya motor matic bisa selalu berfungsi baik, anda membutuhkan oli gardan. Jika dibandingkan dengan oli mesin, oli gardan memang memiliki jangka pemakaian yang lebih lama. Untuk lebih mengenalnya, anda simak saja fungsi oli gardan pada ulasan yang kami bagikan ini.

Fungsi Oli Gardan

Oli gardan berfungsi untuk melumasi transmisi yang ada di motor matik. Dengan adanya oli gardan, motor matic bisa awet digunakan dalam jangka lama. Tak hanya itu, performa motor matic juga bisa lebih bertenaga. Motor matic yang mendapatkan perawatan berupa ganti oli gardan secara rutin bisa digunakan untuk melewati berbagai medan jalan. Motor matic sangat tangguh untuk melalui tanjakan maupun turunan. Siapa saja pastinya ingin memiliki motor matic yang tangguh dan bertenaga.

Melihat pentingnya fungsi dari oli gardan, pastikan anda rutin dalam menggantinya. Jangan sampai oli gardan habis karena akan mengganggu atau bahkan merusak performa yang dimiliki motor matic anda. Dengan harga yang terjangkau, akan lebih baik jika anda rutin melakukan pengecekan dan menggantinya secara berkala. Mengenai waktu penggantiannya, anda bisa mengganti oli gardan setiap dua kali ganti oli mesin. Akan tetapi, untuk anda yang ingin motor matic awet, anda bisa menggantinya setiap bulan.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pergantian oli gardan secara rutin. Selain berpengaruh terhadap performanya, penggantian oli gardan secara rutin juga mempengaruhi tarikannya. Tarikan motor matic memang akan tetap enak apabila oli gardannya diganti. Di dalam beberapa buku manual sebenarnya tak disebutkan setiap kilometer. Hal ini dikarenakan setiap pabrikan memiliki standar sendiri-sendiri dalam menganjurkan pergantian oli mesinnya.

Dengan mengetahui fungsi oli gardan, pastikan anda memperhatikan waktu pergantiannya. Bagi anda yang mengganti oli mesin setiap 2.000 kilometer, maka anda bisa mengganti oli gardan ketika jarak tempuhnya mencapai 4.000 kilometer. Sementara untuk motor matic yang pergantian oli mesinnya 4.000 kilometer, maka pergantian oli gardannya setiap 8.000 kilometer, dan seterusnya. Dijamin motor matic anda tetap awet.

Posted in: Otomotif

Leave a Comment