Cara Memperbaiki Motor Injeksi yang Mati Tiba-tiba

0
315

Cara Memperbaiki Motor Injeksi yang Mati Tiba-tiba

Seperti yang Anda ketahui saat ini bahwa hampir semua motor keluaran baru diproduksi menggunakan sistem injeksi. Hal inilah yang lantas membuat banyak orang bingung dengan cara memperbaiki motor injeksi yang mati apakah sama dengan motor karbu atau harus mendapat perlakuan yang berbeda. Melalui bacaan di bawah ini akan dibahas penyebab umum yang mengakibatkan motor mati dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Kehabisan Bensin

Penggunaan teknologi EFI memanfaatkan tekanan bahan bakar pada sistem fuel line. Oleh karena itu, saat motor kehabisan bensin udara akan langsung masuk menuju selang bensin sehingga motor sulit dihidupkan. Udara  yang bertabrakan dengan tekanan bahan bakar ini lantas membuat motor sulit dinyalakan. Kondisi demikian sebenarnya tidak berpotensi menimbulkan kerusakan, namun akan dibutuhkan waktu yang lama hingga udara dapat dibuang secara otomatis. Cara untuk membuatnya normal kembali tentunya adalah dengan mengisi bensin terlebih dulu kemudian putar kontak ke posisi ON lalu tahan kurang lebih 4 detik. Selanjutnya putar posisi kontak kembali ke posisi off ulangi proses berikut hingga 5 kali. Cara memperbaiki motor injeksi yang mati ini bukannya tidak bertujuan, proses ini berguna untuk memompa bensin pada fuel pump menuju ke saluran bahan bakar. Hasilnya udara pada saluran akan dikumpulkan ke ujung injektor dan sirkulasi bensin kembali lancar.

2. Aki Tekor

Aki yang kehabisan daya biasanya akan menunjukkan gejala seperti sulit distarter, nyala lampu redup, dan juga suara klaskson yang melemah. Fatalnya aki pada motor injeksi tidak hanya digunakan untuk starter tetapi juga berperan dalam sistem kelistrikan motor. Jadi saat aki tekor arus listrik menuju fuel pump dan ECU menjadi tidak stabil dan menyebabkan motor mati. Pada saat darurat Anda bisa menggunakan jumperan yang berasal dari bantuan aki lain. Caranya hubungkan masing-masing terminal dengan kutub yang sama menggunakan bantuan kabel.

3. Busi Kotor

Baik pada motor karburator ataupun injeksi penyebab yang satu ini selalu ada kemungkinan untuk terjadi. Cara memperbaiki motor injeksi yang mati adalah dengan mengeceknya terlebih dulu, cobalah untuk membuka dan mengecek kondisi busi. Apabila busi kotor maka Anda perlu membersihkannya dengan cara menggosok permukaannya hingga bersih. Karena proses ini memakan waktu cukup lama maka selalu sediakan busi cadangan saat Anda bepergian. Jadi sewaktu-waktu busi mati karena kotor ataupun air hujan Anda bisa mengatasinya dengan cepat.