Cara Kerja CVT Motor Matic

Cara Kerja CVT Motor Matic

Motor matic sekarang dijadikan primadona dalam berkendara hal ini tak lain karena motor jenis tersebut menawarkan kenyamanan dan kemudahan saat dikendarai. Bagaimana tidak untuk menunggangi kendaraan ini hanya tinggal gas saja bahkan orang yang belum pernah mengendarai bisa lancar memakainya. Kemudahan ini tak luput dari peran CVT atau Continous Variable Transmission yang merupakan sistem pengatur rasio pada motor matic. Selengkapnya mengenai cara kerja cvt motor matic akan dijelaskan dalam artikel berikut.

1. Putaran Mesin Rendah

Saat RPM mesin rendah maka stastioner gaya sentrifugal dari hasil gesekan unit kopling sentrifugal tidak mampu menyaingi tenaga pegas. Sehingga sepatu gesek tidak dapat memutar rumah kopling dan hasilnya rumah kopling sentrifugal tidak beroperasi. Selanjutnya tenaga putaran yang dihasilkan oleh mesin akan diteruskan oleh transmisi dan mendiami unit kopling sentrifugal. Jadi walaupun putaran tersebut sampai ke roda namun roda akan tetap diam dan tidak berputar.

2. Putaran Mesin Saat Berjalan

Cara kerja cvt motor matic saat berada di RPM 3000 maka otomatis gaya sentrifugal yang diproduksi oleh sepatu gesek juga lumayan besar. Dalam posisi demikian sepatu kopling akan terhempas dan langsung menempel pada rumah kopling. Disaat yang sama kopling sentrifugal akan meneruskan putaran mesin menuju roda belakang dan sepeda motor pun dapat berjalan.

3. Putaran Mesin Menengah dan Meninggi

Lain halnya saat mesin berada dalam kecepatan menengah maka roller pemberat pada drive pulley akan menerima gaya sentrifugal dalam jumlah besar. Alhasil roller akan terhempas keluar lalu menekan pulley geser yang terdapat pada drive pulley. Selanjutnya tekanan ini akan menghasilkan gerakan kearah yang lebih terfokus guna mendorong belt menuju drive pulley dengan jangkauan yang lebih besar. Panjang belt akan tetap stabil supaya belt yang berada di driven pulley bisa mencapai ke posisi terkecil. Kondisi demikian dapat membuat kecepatan sepeda motor semakin bertambah. Sedangkan cara kerja cvt motor matic RPM mesin pada angka yang tinggi, gaya sentrifugal yang diperoleh roller drive pulley menjadi lebih kuat. Semakin kuat tekanan pada drive pulley maka gerakan akan semakin menyempit dan mendorong belt menuju drive pulley dengan gaya yang lebih besar.

Posted in: Otomotif

Leave a Comment