Begini Cara Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Paling Efektif

Begini Cara Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Paling Efektif

Pernahkah Anda mendengar istilah lebih baik sakit hati daripada sakit gigi? Jika iya, bisa dibilang pepatah itu ada benarnya. Hal ini dikarenakan sakit gigi mampu memengaruhi segala aktivitas sehari-hari. Makan tidak enak, minum tidak nikmat, apalagi bekerja secara full time. Tak heran, banyak penderita sakit gigi langsung beranjak ke dokter spesialis gigi untuk mendapatkan pengobatan.

Masalahnya, seringkali sakit gigi menuntut penderita untuk segera mencabutnya. Namun, harus menunggu sampai nyeri tersebut hilang terlebih dulu. Nah, bagi Anda yang merasakan sakit gigi, sebelum membawa ke dokter, ada baiknya untuk diobati secara tradisional dulu. Menurut pengalaman, cara mengatasi sakit gigi secara alami berikut lebih efektif dan manjur. Penasaran? Yuk kita simak ulasannya berikut!

Larutan Air Garam

Cara mengatasi sakit gigi pertama yang dapat Anda coba adalah dengan memanfaatkan bumbu dapur yaitu garam. Ya, garam dipercaya mampu mengurangi rasa sakit yang sedang menyerang. Caranya pun cukup simpel.  Pertama, masukkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kedua, aduk hingga merata sampai seluruh garam larut. Selanjutnya, berkumurlah menggunakan larutan air garam tersebut hingga rasa sakit giginya berkurang. Ketahuilah, peran larutan garam ini berfungsi untuk membunuh bakteri yang menyebabkan gigi menjadi sakit. Atau, bisa juga dioleskan pada bagian yang sakit.

Kompres Air Dingin

Cara mudah kedua untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan mengompres air dingin. Ya, jika biasanya Anda memanfaatkan kompresan air dingin untuk mengobati demam maupun bengkak, cara ini juga mampu mengurangi rasa sakit saat sakit gigi menyerang. Caranya, tinggal ditempelkan pada bagian pipi yang bengkak.

Pembengkakan akibat sakit gigi dapat menjadi tanda adanya kantung nanag, abses, maupun akar yang dalam pada gigi. Jika dibiarkan, dapat mengakibatkan infeksi yang serius. Jadi, apabila nyeri gigi sering kambuh meski sudah dikompres air dingin, sebaiknya langsung bawa ke dokter ya!

Es

Berbeda dengan cara kedua di atas, Anda dapat memanfaatkan es untuk mengurangi rasa sakit gigi. Caranya, ambillah sepotong es ukuran sedang dan digenggam menggunakan tangan. Ingat, gunakan tangan yang sesuai dengan sisi gigi yang sakit. Kemudian, gosokkan es tersebut di antara ibu jari dengan jari telunjuk selama kurang lebih 7 menit atau mati rasa. Menurut penelitian,  es ini mampu menghentikan sinyal sakit gigi sampai ke otak.

Bawang Putih

Jika Anda merupakan seseorang yang gemar mengonsumsi bawang putih, maka tidak perlu bingung lagi ketika mengalami sakit gigi. Ya, bawang putih dipercaya mampu mengurangi rasa sakit gigi ketika kambuh. Lebih jelasnya, bawang putih berperan meningkatkan sirkulasi atau penghapusan cairan dan melawan infeksi yang masuk melalui saluran pernafasan.

Cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih sangat mudah. Kunyahlah sepotong bawang putih atau letakkan potongan bawang putih tersebut pada bagian gigi yang sakit. Dijamin, hanya menunggu beberapa saat, sakit gigi Anda akan berkurang.

Nah, itulah beberapa alternatif cara mengatasi sakit gigi yang dapat Anda lakukan sebelum membawanya ke dokter gigi. Ketahuilah, cara tradisional di atas tidak menimbulkan efek samping sehingga aman untuk dicoba. Meski demikian, apabila rasa sakit gigi tidak kunjung sembuh, disarankan untuk segera memeriksakannya ke dokter.

Satu lagi, jangan lupa untuk selalu rutin merawat gigi seperti menggosok gigi sebelum tidur untuk menjaga kesehatan gigi. Pada dasarnya, penyebab sakit gigi mayoritas oleh gaya hidup yang tidak benar.

Posted in: Kesehatan

Leave a Comment