3 Tips AC Mobil Tetap Dingin

0
248

3 Tips AC Mobil Tetap Dingin

AC (air conditioner) merupakan salah satu fitur tambahan yang hanya dimiliki kendaraan roda empat. AC akan menjadi semakin penting terlebih jika Anda berada di kota besar dengan udara yang panas. Akan tetapi, kinerja AC akan menurun seiring dengan pemakaian. Untuk menjaga kondisi AC dan menjamin kenyamanan berkendara dalam waktu yang lama, maka Anda perlu untuk mengetahui tips AC mobil tetap dingin berikut ini.

1. Menjaga Kondisi Kondensor

Kondensor merupakan komponen utama mobil yang menghasilkan udara dingin ketika berkendara. Proses pendinginan yang cepat dipengaruhi oleh kebersihan kondensor itu sendiri. Jadi kondensor yang bersih akan lebih cepat menghasilkan udara yang dingin dibandingkan dengan yang kotor. Untuk membersihkannya juga cukup mudah. Cukup dengan disemprotkan air dengan tekanan yang disesuaikan maka kotoran pada kondensor akan hilang. Jika tekanan air terlalu tinggi maka sirip kondensor akan mudah penyok. Tentu hal ini dapat mengganggu kinerja AC nantinya. Membersihkan kondensor harus dilakukan berkala setidaknya sekali dalam tiga bulan.

Baca juga: Knalpot Mobil Anda Bocor, Berikut Cara Mengatasi Knalpot Mobil Bocor dengan Mudah

2. Menjaga Kebersihan Interior Mobil

tips AC mobil tetap dingin yang kedua ini terdengar aneh. Tapi banyak orang tidak menyadari bahwa menjaga kebersihan interior mobil sangatlah penting, khususnya bagi kinerja AC. Kotoran yang biasa ditemukan dalam interior mobil seperti abu rokok, debu, remah makanan dan lainnya dapat menyumbat filter AC. Jika hal ini terjadi maka udara dingin yang dihasilkan tidak akan terasa dengan maksimal atau setidaknya proses pendinginan membutuhkan waktu lebih lama. Karenanya, kebersihan merupakan hal yang sangat penting. Sehingga Anda harus sering membersihkan interior mobil mulai dari kabin, karpet, lantai, dan jok mobil.

3. Memperhatikan Penggunaan

Tips AC mobil tetap dingin terakhir adalah dengan memperhatikan bagaimana Anda menggunakan AC tersebut. Ketika dalam perjalanan jauh sebaiknya Anda beristirahat setengah sampai satu jam setelah berkendara untuk beberapa jam. Istirahat ini tidak hanya berlaku bagi Anda, namun juga bagi mobil dan AC-nya. Karena terkadang AC akan cepat rusak jika digunakan terlalu lama. Ketika akan melanjutkan perjalanan kembali, sebaiknya Anda tidak langsung menyalakan kendaraan dan AC. Anda dapat membuka jendela mobil agar udara di dalam dapat bersirkulasi dengan baik.